-->

Monday, August 31, 2015

Bolehkah Bayi Mandi Saat Demam Apa Tidak Tambah Parah ?

cara menyembuhkan demam dengan mandi air hangat

Kemarin aliya saat tumbuh gigi, badannya demam beberapa hari. Kawatir juga karna demam terjadi saat musim kemarau dimana aliran sungai tidak lancar sehingga banyak digunakan untuk berkembang biak nyamuk, takutnya panas / demam ini karena demam berdarah.

Setelah tanya sana-sini rupanya demam saat tumbuh gigi diusia kurang dari 1 tahun itu biasa alias wajar. Tapi demamnya aliya ini tidak hanya 1 atau 2 hari tapi lebih dari 3 hari, walaupun kadang panas tinggi, kadang sudah mereda seperti itu terus.

Nah, saya kawatir kalau demam lebih dari 2 hari nggak mandi nanti malah g baik untuk kesehatan buah hati saya. Tanya teman yang sudah berpengalaman kalau anaknya sakit demam, apakah boleh mandi saat bayi demam ?

Rupanya Pernyataan kalau mandi bisa menyebabkan demam bertambah parah itu tidak sepenuhnya benar. Tergantung air yang anda gunakan untuk memandikan buah hati, apakah air dingin atau air hangat.

Secara teori kedokteran saat ini jika orang atau anak yang sedang demam mandi dengan air hangat, maka bisa disamakan dengan kompres, selain memberi rasa nyaman juga bisa membantu mengeluarkan panas dari tubuh.

Bahkan ada cara yang terbukti sangat membantu untuk menurunkan panas badan anak yakni anak yang sedang demam lebih baik dimasukkan ke dalam bak mandi berisi air hangat

Orang tua tidak perlu khawatir penyakit anak bakal bertambah parah jika dimandikan dengan air hangat, biarkan si kecil main air hangat. Apalagi pada dasarnya anak kecil suka air. Selama ini ada pemahaman yang salah dari para orangtua, bahwa anak sakit tidak boleh kena air atau mandi.

Pemahaman tersebut salah menurut para pakar kesehatan dan pandangan itu harus disingkirkan. Justru orang tua harus sadar, anak sakit pun, badannya harus senantiasa bersih.

Mandi dengan air yang hangat juga bisa membersihkan kulit anak yang sedang sakit yang bisa saja ditempeli oleh kuman. Lalu bagaimana kalau anak tak mau mandi dengan alasan lagi sakit, inlah tugas orang tua agar pandai-pandai membujuk. Anak-anak cenderung malas kena air dingin, tapi tidak air hangat, karena anak-anak pasti suka.

Kalaupun anak tak mau mandi, orang tua bisa mengelap tubuh anak secara keseluruhan dengan air hangat.

0 Komentar Bolehkah Bayi Mandi Saat Demam Apa Tidak Tambah Parah ?

Post a Comment

Back To Top